Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools

Alvin Warasi | 18:42 | 0 comments

Cara+Mendaftarkan+Blog+ke+Google+Webmaster+tools

Selamat siang! Inti dalam Ngeblog menurut pendapat pribadi saya adalah bagaimana blog cepat terdeteksi di search engine, salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan blog ke google webmaster tools dan mendaftarkan blog ke bing, yang pertama perlu kita ketahui dalam hal ini apa sih google webmaster tools itu?, Google webmaster tools adalah fitur gratis dari google untuk memaksimal dan sebuah website atau blog, buka hanya itu Webmaster tools memungkinkan kita untuk mengecek status pengindeksan sebuah website atau blog tersebut.

Banyak fitur yang ada pada Google Webmaster Tools antara lain : Penyedia sitemap atau peta situs, melihat statistik blog melalui google analytics, memeriksa file robot.txt, daftar link rusak pada website atau blog, dan lain-lain. Sebagai hobi blogger Anda harus mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools ini karena sangat mempengaruhi blog Anda.

Untuk mendaftar melalui domain blogspot caranya cukup praktis karena Anda hanya memerlukan gmail Anda untuk masuk atau login Google Webmaster Tools. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan yaitu:

Melakukan site verification (verifikasi situs blog Anda)
Site Verification sangat di perlukan untuk memverifikasi blog Anda, bahwa Anda adalah orang yang memiliki kepemilikan pada situs website tersebut.
  • Anda masuklah ke layanan alat webmaster tools menggunakan akun gmail berikut linknya https://www.google.com/intl/id/webmasters/
  • Tambahkan situs Anda pada google webmaster tools
  • Selanjutnya klik kelola situs, Anda pilih tambahkan situs atau hapus pengguna. Jika blog Anda menggunakan blogger maka akan terverifikasi otomatis, tetapi jika Anda ingin lebih memastikannya Anda klik kelola pemilik situs.
  • Kemudian klik verifikasi dengan metode yang berbeda, lihat gambar

    Cara+Mendaftarkan+Blog+ke+Google+Webmaster+tools

  • Pilih metode yang Anda inginkan untuk memverifikasi blog Anda. Kalau pada situs saya menggunakan metode verifikasi meta tag atau tag html yang kode-nya Anda letakkan di bawah kode <head> sama seperti waktu kita meletakkan kode verifikasi dari Bing yang pernah saya share, pada template blog Anda dan simpan Template, lihat gambar di bawah ini

    Cara+Mendaftarkan+Blog+ke+Google+Webmaster+tools

  • Kembali ke tab google webmaster tools dan Anda klik Verifikasi seperti pada gambar di atas
  • Jika berhasil Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari google webmaster tools, seperti gambar di bawah ini

    Cara+Mendaftarkan+Blog+ke+Google+Webmaster+tools
Sekarang blog Anda sudah berhasil daftarkan di Google Webmaster Tools tinggal selanjutnya Anda menambahkan peta situs untuk blog Anda di google webmaster, untuk membuat peta situs silahkan Anda baca baca artikel saya Cara Menambahkan Peta Situs Pada Blog. Demikianlah artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools. Semoga bermanfaat!

Category: , ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 comments